Cara Membuat Password Yang Susah Ditebak

Apakah Anda sering menggunakan password yang kurang baik seperti contoh di bawah ini?
Qwerty123!@#, 08@gustus1985!!, Dind4885

Kelihatannya susah ditebak kan? Bagi manusia, kata tersebut cukup sulit untuk diingat tapi bagaimana dengan mesin? Saat ini, computer dan teknologi sudah semakin canggih dan semakin cepat. Ditambah lagi kecanggihan program dan algoritma computer, mereka bisa mencoba untuk memecahkan password dengan kecepatan 8 juta percobaan per detik sehingga 8 karakter dengan berbagai kombinasi dapat dipecahkan hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Para cracker password sudah mempunyai kamus sendiri yang sudah mereka bangun sejak lama untuk melakukan percobaan eliminasi beberapa huruf vocal yang dijadikan symbol/deretan angka/bilangan matematika yang sudah umum diketahui. Contoh : "s" diganti menjadi "$", "a" diganti menjadi "@", "1" diganti menjadi "I", dsb.

Bagaimana caranya untuk mengelabui mesin agar password kita tidak mudah ditebak?
Untuk membuat password yang sulit ditebak, salah Satu cara yg patut dicoba adalah membuat password yang manusia mudah mengingatnya tetapi mesin susah untuk memecahkannya.
Cara yang paling gampang adalah dengan mengambil sebuah kalimat dan diubah menjadi password. Ambil saja kalimat yang gampang diingat dan paling berkesan bagi anda.

Contoh :
"Marsha dan beruang berbelanja ke pasar" dapat dibuat menjadi "marDAB3rkPS"

Ltime@go-inag~faaa! = long time ago in a galaxy not far away at all

Ada juga yang menyarankan menggunakan password manager seperti Password Safe yang akan men-generate password yang jarang dipakai orang, contohnya QG6, FN4nFAm, cHe6wUne

Bisa juga, mengkombinasikan sentence password (contoh diatas) dengan sandi sandi yang pernah kita pelajari saat pramuka, sandi A-N, sandi Morse, atau sandi ular. Semakin mengacak kumpulan password, semakin lama waktu yang dibutuhkan mesin untuk memecahkannya.

Tips :
Jangan menggunakan kembali password yang sudah digunakan sebelumnya, karena mudah di-hack meski sebelumnya sudah menggunakan format password yang aman.


Update password secara teratur, umumnya banyak situs yang menghendaki ganti password tiap 3bulan

Waspada dengan penggunaan "pertanyaan rahasia" untuk mengambil kembali password anda. Karena hal ini juga gampang diretas oleh system. Sebaiknya menggunakan aplikasi password manager.

Apabila ada situs yang menawarkan 2 faktor otentikasi, pastikan untuk memilih solusi tersebut karena keamanannya lebih terjamin.


Salam,

Popular posts from this blog

SmartObject property ID is a required property for selected method Create. Value must be set.

Cara inject USB 3.0 Driver pada instalasi Windows - How to Inject USB 3.0 Driver in Windows 7

Python Font Color in Console